PENGENALAN KOMPONEN UI PICKERVIEW DAN APPLICATION RESOURCE PADA ANDROID STUDIO
1.5 Teori PickerView & Application Resource
1.5.1. Praktikum Apps.1 (TimePicker)
TimePicker berfungsi untuk membantu user memilih waktu yang diinginkan untuk diinputkan pada aplikasi Android. Dalam penerapannya, TimePicker banyak digunakan pada aplikasi Alarm, calendar, reminder, to-do list, ticket reservation dan aplikasi lainnya yang membutuhkan user untuk menginputkan waktu (jam dan menit) di aplikasi tersebut.
Pertama jalankan aplikasi IDE Android Studio, caranya :
- Pilih Start → Android Studio
- Pilih →Start a new Android Studio Project
- Pilih →Empty Activity → Next
4. Maka akan Tampil IDE Android Studio, setelah itu Ketikan script pada file activity_main.xml seperti text di bawah ini :
5. Untuk Menjalankan fungsi Time Picker Lanjut ketik script pada file MainActivity.java
6. Jalankan di emulator Maka akan tampil seperti gambar di bawah
1.5.3. Praktikum Apps.3 (ListView)
ListView adalah salah satu widget yang digunakan untuk menampilkan data atau nilai dalam bentuk daftar/list, nilai atau data yang ditampilkan pada ListView tersebut didapat dari sebuah Array atau Database yang sudah ditentukan. ListView pada saat ini sudah tergantikan dengan RecyclerView yang memiliki konsep Material Design, karena lebih custom dan juga dapat mengatur tampilan layoutnya.
Walaupun begitu, ListView masih banyak digunakan oleh programmer untuk membuat list/daftar item yang sederhana pada aplikasi mereka.
Pertama jalankan aplikasi IDE Android Studio, caranya :
- Pilih Start → Android Studio
- Pilih →Start a new Android Studio Project
- Pilih →Empty Activity → Next
4. Maka akan Tampil IDE Android Studio, setelah itu Ketikan script pada file activity_main.xml seperti text di bawah ini :
5. Untuk Menjalankan fungsi Time Picker Lanjut ketik script pada file MainActivity.java
6. Jalankan di emulator Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
1.5.4. Praktikum Apps.4 (Application Resource)
Di Android, hampir semuanya adalah sebuah resource. Mendefinisikan resource yang nantinya dapat diakses di aplikasi merupakan bagian mendasar dari proses pengembangan aplikasi Android.
Pertama jalankan aplikasi IDE Android Studio, caranya :
- Pilih Start → Android Studio
- Pilih →Start a new Android Studio Project
- Pilih →Empty Activity → Next
4. Membuat Strings Resource
Untuk setiap teks yang ingin ditampilkan di aplikasi (misalnya label sebuah Button dan teks didalam TextView), kita pertama harus mendefinisikan dulu teks tersebut di dalam berkas /res/avlues/strings.xml. Setiap nilai yang ditambahkan di dalam berkas tersebut terdiri atas key (sebagai id untuk teks) dan nilai dari teks itu sendiri. Contoh, apabila kita ingin membuat sebuah Button dengan teks “Submit”, berikut ini nilai yang mesti ditambahkan ke strings.xml:
Sekarang kapanpun kita memanggil id submit_label, kita akan mendapatkan teks “Submit”. Kita dapat menampilkan data yang lebih kompleks (misalnya teks yang mengandung kode html atau karakter khusus) menggunakan CDATA sebagai berikut:
5. Mereferensikan App Resource
Sekarang setelah kita mendefinisikan string resource yang dibutuhkan, kita dapat memanggilnya dari Java atau XML lain. Untuk mengaksesnya dari file XML lain, cukup panggil menggunakan simbol @:
Untuk mengakses resource ini dari Java, maka kita perlu memanggil metode getResource.getString atau getString dengan memanggil id-nya:
Pola yang sama dapat kita pakai untuk memanggil semua jenis resource.
6. Medefinisikan Color Resource
Selain string resource seperti contoh di atas, kita juga dapat membuat color resource sebagai berikut:
Mengaksesnya di kode Java dengan cara sebagai berikut:
Dan memanggilkan color resource dari berkas XML lain dengan cara:
7. Mendefiniskan Demension Resource
Saat menentukan ukuran kita menggunakan beberapa unit misalnya 16dp untuk ukuran margin dan 12sp untuk ukuran font. Dimensi ini mesti kita definisikan di berkas dimens.xml dengan cara:
Buka struktur folder project android pilih res/values lalu klik kanan pada folder values dan pilih New – Values resource file
Buat sebuah file xml dengan nama dimens.xml lalu Klik OK
Ketik script dimens.xml seperti berikut :
Pemanggilannya di Java :
Sedangkan di XML :
8. Jalankan di emulator Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
1.5.5. Praktikum Apps.5 (Application ResourceHappiness)
Di Android, hampir semuanya adalah sebuah resource. Mendefinisikan resource yang nantinya dapat diakses di aplikasi merupakan bagian mendasar dari proses pengembangan aplikasi Android.
Pertama jalankan aplikasi IDE Android Studio, caranya :
- Pilih Start → Android Studio
- Pilih →Start a new Android Studio Project
- Pilih →Empty Activity → Next
4. Buka struktur folder project android pilih res/values lalu klik kanan pada folder values dan pilih New – Values resource file
Buat sebuah file xml dengan nama dimens.xml lalu Klik OK
Ketik script dimens.xml seperti berikut :
6. Buka struktur folder project android pilih res/values dan pilih Colors.xml lalu ketikan script kodenya
7. Tetap pada folder res/values dan pilih Strings.xml lalu ketikan script kodenya
8. Setelah itu Ketikan script pada file activity_main.xml seperti text di bawah ini :
9. Kemudian lanjut ketikan script pada file main_activity.xml seperti text di bawah ini :
10. Jalankan di emulator Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
Komentar
Posting Komentar